Mahasiswa UINAM Peringati September Hitam

UKKIRI_Mahasiswa UIN Alauddin Makassar (UINAM) peringati September Hitam, depan gerbang II, kampus II UINAM, Rabu (18/09/2024).

Kegiatan yang bekerja sama dengan beberapa komunitas di UINAM tersebut berlangsung selama 2 hari yaitu, Rabu-Kamis tanggal (18 sampai 19 September 2024) dengan berbagai rangkaian.

Diantaranya, "lapak baca dan diskusi (refleksi tragedi September), long marc, musikalisasi puisi, live music, stand up comedy, nobar dan bakar lilin".

Carol (inisial), salah satu mahasiswa yang garap September Hitam membeberkan, kegiatan tersebut merupakn refleksi atas peristiwa kelam masa lalu yang tak kunjung diselesaikan oleh Negara.

"Berangkat dari keresahan terkait dengan pandangan tentang peristiwa kelam yang terjadi di bulan September yang mengisahkan peristiwa pembantaian secara besar-besaran, kami dengan kesadaran mencoba mengingat beberapa peristiwa besar itu dengan menghadirkan kegiatan pada hari ini," bebernya.

Di sisi lain, Jonathan (inisial), pengarap September Hitam menganggap bahwa kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan kapasitas mahasiswa harusnya di dukung oleh kampus.

"Faktanya kampus terlalu ekslusif dan keluar dari esensinya sebagai laboratorium pendidikan, banyak dari mahasiswa yang ingin mengekspresikan diri mereka tapi lagi dan lagi ruang yang telah ada bisa di bilang bagaikan lapangan yang luas tapi terkubur banyak ranjau, (terlihat indah dan nyaman tetapi banyak aparatusnya)," ungkapnya.

Reporter: Minke
Penulis: Akram
Editor: Afanullah