THE BLONDE LADY


Oleh: Mery Anggara Putri

Maurice leBlanc adalah seorang novelis perancis yang sangat populer dengan cerita Arsene Lupin atau The Blonde Lady.

Dalam buku The Blonde Lady ada tiga tokoh yang sangat cenderung muncul yaitu Arsene Lupin, Holmlock Shears dan Ganimar.

Arsene Lupin dokenal sebagai pencuri cerdik yang memiliki seribu satu akal kreatif sehingga polisi perancis sangat memusuhi dan menanti-nantikan penangkapannya. Holmlock Shears adalah seorang detektif inggris yang merupakan tandingan Arsene Lupin karena dia juga memiliki banyak cara untuk menangkap sang pencuri Arsene Lupin. Sedangkan, Ganimar merupakan detektif perancis yang mengalami beberapa kegagalan dalam penangkapan si pencuri Lupin.

The Blonde Lady menceritakan petualangan serta pertarungan sengit yang sehat antara Arsene Lupin dan Holmlock Shears sang detektif inggris yang membantu Ganimar dalam menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan Lupin.

Ada tiga kasus yang dikisahkan dalam buku The Blonde Lady:

Pertama, hilangnya lottere Nomor 514 seri 23 milik seorang professor bernama Gerbois. Sang professor menyimpan lottere tersebut di dalam laci meja kayu mahoni yang baru dibelinya di toko barang bekas. Meja belajar ini dibelikan untuk sang anak gadisnya yang bernama Suzanne untuk hadiah ulangtahunnya. Suzanne adalah seorang gadis cantik berperawakan riang dan menyenangkan. Keesokan harinya, meja yang baru ia beli dari toko hilang diikuti dengan pengumuman pemenang lottere dengan Nomor undian 514 seri 23 dengan uang sebesar 1 juta franc. Sebuah kebetulan, sang professor memiliki lottere tersebut. Sayangnya, lottere tersebut hilang bersamaan  dengan meja yang baru disadarinya ketika melihat pengumuman lottere di surat kabar.
Pada hari itu juga anak sang professor tiba-tiba menghilang dan beberapa tetangga melihat sang gadis pergi bersama wanita berambut pirang, Arsene Lupin menawarkan untuk berbagi hasil undian berupa uang tadi yang dibagi sama besarnya dan professor bisa mendapatkan anak gadisnya kembali. Polisi perancis dikerahkan untuk memasang perangkap namun dengan kecerdikan Lupin, dia tiba-tiba menghilang.

Kedua, terbunuhnya Baron didalam kamarnya, si pelayan mendapatkan Baron telah tertanggal nyawanya dengan isi kamar yang berantakan. Si pelayan akhirnya keluar dan meminta bantuan kepada tetangga dan polisi perancis daerah setempat dan kemudian kembali masuk kedalam rumah. Tapi saat kembali kedalam, kamar Baron telah rapih kembali dan ditemukan 13 cek serta berlian biru. Kejanggalan kemudian muncul yaitu hilangnya pembantu perempuan yang diketahui berciri rambut pirang.  Muncul pertanyaan, si pembantu perempuan itu keluar dari rumah lewat jalan mana, karena semua pintu ataupun jendela tetap tertutup rapat dengan sempurna.

Ketiga, hilangnya lampu yahudi dengan banyak berlian serta perhiasaan didalam kotak lampu. Lampu yahudi itu milik keluarga d'inblevalle. Keluarga inipun meminta bantuan penyelidikan kepada Holmlock Shears dan Winston sahabat Shears dalam kasus penyelidikan pencurian ini. Menurut Shears ini adalah salah satu kasus yang berhubungan dengan teka-teki Arsene Lupin. Seperti kasus sebelumnya ini hanya pencurian yang bisa dilakukan oleh pencuri ulung tingkat kakap Lupin dengan berbagai kode yang hanya di ketahui oleh kawanannya.

Bagaimana selanjutnya? Pertarungan sengit ini akan dimenangkan oleh Arsene Lupin atau Holmlock Shears?

Seperti apa pemecahan kasus dengan teka-teki ini? Dan siapa wanita berambut pirang yang selalu dikaitkan dengan tiga kasus diatas?

Hanya satu cara, MARI MEMBACA "THE BLONDE LADY"